Tips Memilih Produk Affiliasi Produk Clickbank

Di Indonesia mungkin clickbank belum begitu dikenal luas atau mungkin peminatnya kurang banyak karena baru 1 bulanan ini bisa dinikmati oleh pelaku bisnis online Indonesia terutama oleh newbie seperti saya. Namun sejatinya clickbank menyimpan banyak potensi untuk mendapatkan passive income kalau anda mau belajar dengan serius.

Kembali ke topik: di artikel sebelumnya sudah saya singgung sedikit tentang clue-clue dasar yang harus diketahui dan dipahami untuk memilih produk yang potensial. Nah sekarang mari kita coba menggunakan tool tambahan untuk mengenal betul trend produk yang akan kita pilih menjadi produk affiliasi.



Tool yang saya gunakan dan mungkin sebagian besar para pemain clickbank adalah cb-trends.com. Bagaimana caranya, lihat gambar dibawah ini:

Untuk memilih produk affiliasi, tentu anda harus masuk dulu ke marketplace clickbank dan saya umpamakan anda sudah berada ditempat itu, seperti gambar di bawah ini.

Untuk menganalisa suatu produk clickbank di cb-trend, maka kita harus tahu nama “vendor id” caranya:

  1. Coba kita ambil contoh produk no. 10 yaitu RegDefend dan kita klik kanan “create hoplink” sehingga nampak seperti pada gambar.. dan klik “copy link location”
  2. Buka cb-trends dan klik “performance tracking” 3. Pastekan “link location”Cari tulisan yang ada di dalam kurung dan hapus semuanya sehingga terlihat namanya.
  3. Klik “ to Get performance trends”
  4. Nah disanalah gambar grafik yang menunjukkan trend2 yang harus anda pelajari.
Sebagai bahan pertimbangan maka saya akan menggambarkan secara sederhana gambar grafik:

  • Popularity= Semakin turun berarti semakin popular.
  • Gravity= semakin naik gravitinya berarti produk tersebut berhasil dijual oleh affiliate dan tentu saja semakin ketat persaingannya
  • Earn per sale (%) – semakin naik berarti semakin sedikit barang di kembalikan dan pembeli menunjkkan kepuasannya
  • Referral %= Perbandingan barang yang terjual oleh Referral dan Vendor. Artinya kalau prosentase referral kecil berarti produk tersebut lebih laku dijual oleh pemilik sendiri. Begitu sebaliknya apabila % referral tinggi berarti produk tersebut lebih banyak terjual lewat affiliate. Dalam gambar menunjukkan bahwa %refferral-nya cenderung menurun.
Kesimpulan memilih produlk affiliasi clickbank yang potensial maka paling tidak harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Umur produk yang akan dijual (bisa dilihat di atas grafik). Jangan yang terlalu jadul (lebih dari 2 tahun) karena disamping biasanya trend-nya cenderung turun, juga persaingan yang sangat ketat kecuali trend popularitasnya naik terus dan anda menemukan kata kunci yang pas dengan tingkat persaingan yang sedikit.

2. Pilihlahlah grafik popularity yang semakin menurun yang menandakan barang tersebut semakin populer.

3. Gravity-nya usahakan cenderung naik, karena kalau turun terus berarti penjualan lewat affiliasi juga menurun. Dan gravity yang sangat tinggi lebih dari 300 menandakan sudah banyak affiliate yang menjual produk tersebut, sehingga persaingan sangat tinggi. Anda juga bisa melihat potensi produk baru walaupun gravitinya masih rendah.

4. Earned persale, pilih yang cenderung naik karena menandakan konsumen puas dan tidak mengembalikan barang tersebut.

5. Referral%, Cari yang % -nya meningkat dan tinggi, karena menandakan keberhasilan affiliate-nya.

6. Tentu saja dari kelima poin itu harus digabungkan menjadi satu, jarang produk ada produk yang sempurna memenuhi semua kriteria di atas, kalaupun ada biasanya gravitinya sangat tinggi.

7. Anda juga bisa menggunakan cb-analytics.com untuk menambah tools yang akan anda gunakan dalam memilih produk affiliasi clickbank.

8. Setelah itu, gunakan juga google.com, google keyword tool, wordtracker, SEObook untuk membantu mencari dan menemukan persaingan yang sesungguhnya dan tentunya katakunci produk yang akan anda jual.

Suatu saat akan saya bahas bagaimana menemukan dan mencari keywords yang cocok dengan tingkat persaingan yang rendah dengan menggunakan keyword tools di atas..

tips ini diambil dari: http://zam-sy.blogspot.com/2009/04/tips-memilih-produk-affiliasi-lanjutan.html
Oiya satu lagi bagi Anda yang baru dan belum mengenal clickbank silahkan kunjungi:
http://rahasiaclickbank.101how.com/
Anda akan mendapatkan 7 video gratis yang akan menerangkan step by step clickbank dan adwords
Walaupun belum mendetail, semoga bermanfaat..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments
Bagi Anda yang mencari video tutorial clickbank silahkan kunjugi web di sebelah kanan atas blog ini, Gratis