Memilih Produk Clickbank yang Potensial

Memilih produk Clickbank yang potensial untuk dipromosikan adalah salah satu hal terpenting apabila anda ingin memasarkan produk Clickbank. Oh ya..Bagi anda yang belum daftar di clickbank silahkan daftar dulu dan gratis apabila anda hanya ingin menjadi anggota affiliasi-nya dan diperbolehkan menjualkan banyak produk clickbank. Silhakan daftar di sini dan nggak ada link affliasi saya. Dan mudah kok anda tinggal mengisi form-formnya secara komplet termasuk alamat yang kudu benar dan cek e-mail verifikasi. Kalau belum jelas coba ke blognya mas Muklis untuk panduan mendaftar clickbank.

Berawal dari diperbolahkannya Indonesia menjadi affiliate Clickbank, maka berita ini menjadi angin segar yang sangat menyejukkan bagi perkembangan bisnis online di Indonesia yang sebelumnya harus rela menjadi penonton clickbank kecuali anda memiliki virtual address di luar negeri.



Kembali ke topik… bahwa untuk memilih produk Clickbank potensial agar nantinya dapat mendatangkan penjualan tentu bukan pekerjaan yang asal-asalan. Dengan jumlah produk lebih dari 10.000 produk aktif maka kita harus memilih produk mana yang kira-kira bisa mendatang hasil. Hal pertama yang pelu kita lakukan adalah mensortir berdasarkan aktegori atau keywords atau juga berdasarkan performance / trends dari produk yang ada di clickbank marketplace. Berikut adalah hal mendasar yang harus anda kuasai:

$Earned/ Sale
Rata-rata jumlah penghasilan bersih per anggota affiliate per penjualan. Inilah rata-rata jumlah dollar bersih yang akan dibayarkan kepada anda apabila anda berhasil menjual satu produk. Catatan bahwa hasil anda disini sudah dipotong untuk biaya-biaya termasuk potongan komisi clickbank.
Inilah jumlah bersih yang memang dapat anda dapatkan apabila anda merefer seseorang untuk membeli produk clickbank dari link anda.

%Earned / Sale
Prosentase komisi yang didapatkan anggota affiliate clickbank perpenjualan. Ini adalah prosentase yang ditetapkan oleh merchant untuk anggota affiliate. Besarnya jumlah prosentase dapat berubah apabilah pihak merchant merubahnya sewaktu-waktu.

% Referred
Prosentase jumlah penjualan yang terjadi lewat affiliate. Jika gravity suatu produk cukup tinggi dan % referred juga tinggi maka hal ini menunjukkan bahwa para affiliate berhasil mempromosikan produk itu. Sebaliknya jika gravity tinggi dan % referred rendah maka hal itu menunjukkan bahwa merchant berhasil menjual produknya secara langsung tanpa melalui affiliate.

Gravity
Gravity adalah trend unik dari clickbank. Gravity mengukur jumlah affiliate yang mendapatkan komisi dari penjualan produk yang direfensikan melalui link-nya. Angka yang tertera bukanlah angka aktual atau jumlah sebenarnya dari affiliate. Clickbank mencatat bahwa setiap affiliate yang dibayar pada 8 bulan terakhir maka ditambahkan ke dalam jumlah antara 0.1 sampai 1.0. Semakin banyak pembayaran terjadi di bulan-bulan terakhir, semakin tinggi nilai yang akan ditambahkan.
Mudahnya adalah apabila gravitinya tinggi maka banyak anggota affiliate yang berhasil mendapatkan uang dari mempromosikan produk clickbank tersebut.

Tips dasar untuk memilih produk clickbank bagi pemula.

Pertama, pilih produk yang memiliki gravity di atas 15 sampai dengan 100-an kecuali untuk produk baru.

Kedua, pilih produk yang memberikan $ Earned / Sale yang cukup tinggi. Jangan yang dibawah $10 dollar biar sesuai komisinya dengan jerih payah anda dalam mempromosikan produk tersebut.
Ketiga, Apabila gravity tinggi dan % Referred juga tinggi (di atas 85%), maka artinya bahwa affiliate berhasil dalam jualannya.

Keempat, Hindari produk yang mempunyai refund rate yang tinggi. Karena menunjukkan bahwa produk tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Memang tidak tercantum secara eksplisit, namun dapat ditarik kesimpulan dari data yang tersedia. Caranya adalah sebagai berikut:

Product Price = $47
$Earned/ Sale = $18.90
Payout Percentage = 50% (% yang akan anda terima per penjualan lewat link anda)
Clickbank takes 7.5% + $1 of the Product Price as their commission (biaya yang dikenakan kepada anda)

($47 – 7.5%) - $1 = $42.47 (Price After ClickBank’s Commission)
$42.47 x 50% = $21.24 (Affiliate Commission)
$21.24 - $18.90 = $2.34 (Difference Due to Refunds)
($2.34 $21.24) x 100 = 11.01% (Refund Percentage)
Kalau bisa prosentase refund lebih kecil lagi (dibawah 5%) dan kalau bisa malah nggak ada alias nol %.

Oke, itu dulu hal-hal mendasar yang perlu diperhatikan dan ketahui untuk memilih produk clickbank yang potensial. Pada artikel selanjutnya coba kita bahas lebih dalam bagaimana memilih produk clickbank berdasarkan track performance-nya dan tips-tips yang lain.

Semoga bermanfaat dan ditunggu saran dan pendapatnya..

sumber: zam-sy.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments
Bagi Anda yang mencari video tutorial clickbank silahkan kunjugi web di sebelah kanan atas blog ini, Gratis